Sunday, October 4, 2015

Apa yang di Dapatkan Setelah 4 Minggu Kuliah? NOTHING? hmm...




            
                Haiiii kalian para maba yang udah sebulan nih jadi mahasiswa, gimana rasanyaa?? Enak? Seru? Asik? Mantap? Boring? Atau apa? Yaaa pasti adalah diantara kalian bahkan banyak mungkin yang bilang kalo mendingan SMA kemana-mana daripada kuliah. Kuliah jadwalnya ga sepadat SMA, tapii tugasnya ituloooh belom lagi kegiatan-kegiatan yang diikuti internal or external kampus. Pasti pusingkaan capek lelah. Terus gimana perkembangan belajar kalian nih? Banyak mahasiswa yang saking banyaknya tugass dan kegiatan-kegiatan  jadi lupa belajar. Dan nanti belajarnya sistem SKS (sistem kebut seDETIK). Jangan gituu yaa, ayoo dicicil dari sekarang belajarnya (padahal belom belajar2 juga).

                Nah terus gimana sama dosennya, apa sama dengan yang kalian pikirkan sebelum masuk kuliah? baik baik gaa? Atau malah killer? Hmm…. Kalo dosen geosains ui 2015 sih gue akuin ya tegas tapi baik-baik  banget. 


                Gimana dengan materi pelajarannya? Bersahabat gaa dengan kalian, apakah sehati dan sepikiran dengan kalian? Kayaknya dia kurang mengerti aku, sedih rasanya ga diperhatiin dan dingertiin oleh dia ya, yaampun :’(
                Apa ada diantara kalian yang udah empat minggu nih guys, sebulan looh tapi kayak ngerasa ga dapet ilmu apa-apa dari yang dipelajari dosen? Yaa paling Cuma 1% 2% yang masuklah. Sedih ga sih, kenapa sih bisa kayak gitu? Mungkin factor-faktor ini yang harus kita evaluasi. Chek it out!


1.       IKLHASKAN LAH
Ini factor adalah factor besar yang mempengaruhi. Apasih maksudnya iklhaskan ini? Jadi coba deh kalian evaluasi diri (termasuk diri ini) apakah kalian bener-bener ikhlas dalam belajarnya. Ikhlas dalam kuliah. Semangat kuliahnya. Karena jujur (pengalaman) ikhlas itu susah loh ga gampang dengan asal ngomong “gue ikhlas sama semua ini, ikhlas kok belajarnya.” Gak ga gitu! Kita harus bener-bener dari hati paling dalam. Then, do it. Susah memang susaah banget buat ikhlas apalagi kalo ternyata jurusannya bukan pilihan pertama, kebanyakan akan males dan ga niat. Tapi ada juga yang memang dia udah ikhlas dari awal jika dapet di pilihan lain. Itu beda.
Terus gimana dong biar bisa ikhlas? Yaa itu semua dari dan kembali ke diri masing-masing lagi. Kalian mau ga berusaha untuk mengikhlaskan semua dan menerima kenyataan. Ingatlah tujuan awal kalian, kenapa saya mau kuliah dulu sampe bela-belain bimbel dari pagi ampe malem (mungkin). Saat kalian sedang malas masuk kelas, sedang ga niat ingetlah tujuan awal itu. Ingatlah juga wajah orangtua kalian yang dengan bangga menyekolahkan anaknya untuk menjadi kebanggan dan bisa jadi penerus keluarganya.
So, Iklhaskanlah hingga tak ada lagi yang mengganjal di hati :)

2.       Restu Orang tua
Percaya ga percaya ini memang sangat mempengaruhi juga loh. Cobain aja deh, kalian melakukan sesuatu tanpa restu orang tua, itu akan terasa berat kayak ada yang ganjel di hati. Itu pasti dan memang seharusnya gitu. Jadi kalo memang masih ada orangtua kalian yang ga ngerestuin nih dipilihan kalian, yakinkanlah mereka bahwa ini memang baik buat kalian. Kasih bukti bahwa kalian bisa bermanfaat, jadi lebih baik dan berprestasi dibidang itu, dengan perlahan mereka pasti mengerti kok.
Karena ridho Allah adalah ridho orangtua:)

3.       Ridho dari Nya
Dan inilah factor tebesar menurutku yang paling berpengaruh. Kenapa? Karena hanya dengan ridhoNya kita bisa melakukan semua dengan lancarrrr. Gimana sih mencari Ridho Allah? Gampang aja, lakukan lah semua kegiatan kalian karena semata-mata untuk mencari ridhoNya, jangan kuliah karena ada gebetan, mau ngeceng, mau ini, mau itu. Terus jangan lupa perbaiki ibadah kalian! Bagi yang muslim ayooo sholat lima waktu, masa udah mahasiswa udah gedeee masih aja sih bolong-bolong? Malu dong. Inget pahala masih belum cukup buat bertemu denganNya :’) jangan lupa tambahin solatnya dengan Sunnah-sunnah lain. Seperti solat bada dan qobliya, duha dan tahajud. Karena banyak banget loh esensi yang di dapet. Dan kalian akan merasakan ketenangan, percaya deh. Dan jangan lupa sisihin waktu perharinya untuk mengaji guyss.


Untuk kalian yang selain muslim. Kalian juga harus mendekatkan diri kepada Tuhan kalian. Bagaimana pun itu caranya, just keep praying! Teruslah mendekatkan diri kepadaNya, berdoa dan meminta ampunan atas segala kesalahan yang telah diperbuat.
     Just keep praying :)


By. Seseorang yang sedang berusaha…. ikhlas

Khairunnisa Nazhifah Yudyawati
1506731795
Geofisika


No comments:

Post a Comment