Saturday, September 12, 2015

Prospek Kerja Geofisika

Geofisika merupakan gabungan antara geografi dan fisika yang mempelajari bumi berdasarkan konsep - konsep fisika. Berbeda dengan geografi yang cakupannya luas mengenai bumi serta lapisan-lapisannya dan kaitannya dengan human dan ilmu sosial. Geofisika lebih khusus mempelajari gejala - gejala kebumian. Prospek kerja geofisika cukup luas, tidak hanya pada bidang perminyakan/migas saja, tetapi dapat juga bekerja di bidang energi terbarukan seperti geotermal. Serta bekerja di perusahaan-perusahaan di bawah pemerintah seperti BUMN, PLTU, BMKG dan lain-lain.



Ranah kerja Geofisika eksplorasi ada 3 bagian yakni :
1.
      Akuisisi Data Pada bagian ini, seorang geophysicist akan bekerja di lapangan untuk mengambil data. Jadi, skill sebagai field geophysicist sangat dibutuhkan di sini. Karena harus mengatur banyak sekali orang, untuk melakukan survey dalam skala besar seperti survey dengan metode seismik refleksi.
2. Data Processing Pada bagian ini, seorang geophysicist sangat dibutuhkan untuk mengolah data mentah hasil akuisisi, menjadi data yang bisa diinterpretasikan. Bagian ini cocok untuk orang yang suka bekerja di depan komputer(kantor).
3. Data Interpretation Pada bagian ini, seorang geophysicist harus menerjemahkan data hasil processing. Data tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa geologi. Sehingga dapat diketahui apa yang dikandung di dalam bumi sana. Ini cocok untuk geophysicist yang suka dengan geologi dan ilmu ini juga sebagai penopang seorang geophysics handal. 

Referensi : http://www.ahmadsains.com/2013/06/lapangan-kerja-bagi-teknik-geofisika.html
Ditulis oleh : M. Riziq Maulana/1506729815/Geofisika




No comments:

Post a Comment