Friday, September 18, 2015

Peralatan Dasar Home Recording


          Yo what’s up blog reader? Apa kabar? Baik kan? Pasti dong. Ntap! Baik, kali ini tema yang akan kita otak-atik adalah tentang rekaman. Iya, rekaman. Rekaman sama recording sama aja, enggak ada bedanya. Bedanya adalah kalo ‘rekaman’ bahasa Indonesia dan kalo ‘recording’ bahasa Inggris. Oke, kita lanjut, pasti banyak dari kalian yang mempunyai hobi bermusik ria. Apalagi yang suka iseng-iseng di rumah membuat lagu. Kalian pasti suka merekam lagu kalian di  handphone atau di gadget-gadget lain. Tapi hal tersebut sungguh disayangkan jika kualitas rekaman dari gadget tersebut kurang baik. Maka dari itu, saya akan memberikan sedikit ilmu yang saya tahu tentang ‘home recording’.



Berikut akan saya paparkan beberapa perangkat yang kalian butuhkan untuk melakukan home recording:


    1.   Komputer

Yap, komputer. Komputer  adalah perangkat wajib ketika kalian melakukan proses rekaman. Bagaimana tidak? Untuk mengolah sebuah data digital tentu menggunakan sebuah computer. Yaa.. komputer atau laptop sama aja lah. Namun, agar kalian bias dengan lancar menjalankan software DAW (Digital Audio Workstation), kalian membutuhkan computer dengan spec tertentu. Bisa dibilang minimal ber-processor pentium4 dan memiliki RAM 1Gb. Pemaparan software DAW akan dibahas di bawah.

     2.  Soundcard
Kedua, peralatan yang tidak kalah penting adalah soundcard. Soundcard atau Audio Interface sudah pasti atau biasanya sudah terdapat pada komputer atau laptop yang kalian miliki. Tetapi, biasanya soundcard internal atau bisa dibilang soundcard bawaan pada komputer atau laptop tersebut kurang memiliki kualitas yang memadahi. Maka dari itu, saya akan menganjurkan untuk membeli souncard external. Soundcard digunakan untuk mengkonversi sinyal analog ke sinyal digital ataupun sebaliknya. Jadi, jika kualitas soundcard yang kita gunakan kurang, maka mungkin bisa terjadi yang namanya latency ketika sedang merekam dengan menggunakan alat musik. Untuk soundcard, saya merekomendasikan kalian untuk menggunakan ‘Focusrite scarlett studio’.

3          3.  Speaker
Jangan main-main dengan yang namanya speaker. Jika speaker yang kalian gunakan ‘abal-abal’ maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada kualitas music kalian. Mengapa? Soalnya kalian tidak dapat mendengar dengan baik bagaimana komposisi-komposisi music yang kalian buat ketika mixing atau mastering.

                  4.  Software DAW
Software DAW akan kalian gunakan untuk mengambil track, recording, mixing ,dan mastering. Jika kalian tidak memilikinya, mau rekaman dimana hayo? Ada banyak software-software DAW yang bisa kalian gunakan dari mulai yang berbayar hingga yang freeware dan shareware. Berikut adalah contohnya:
(1)    Berbayar
(a)    Fruity Loop Studio
(b)   Cubase
(c)    Nuendo
(d)   Adobe Audition
(e)   GarageBand
(f)     Logic Pro

(2)    Gratis
(a)    Audacity
(b)   MusE


     Baik, sekian yang dapat saya sampaikan tentang peralatan dasar home recording yang dibutuhkan. Mohon maaf jika ada salah-salah kata. Bukan bermaksud menggurui, melainkan hanya ingin berbagi :*.



RIVO ADIKUSUMA
1506727513
GeologiUI2015

No comments:

Post a Comment