Sunday, September 13, 2015

Pentingnya Pemisahan Sampah Organik dan Anorganik





  Sudah banyak kita jumpai diseluruh tempat-tempat yang sering kita lewati dan jumpai belakangan ini telah menyediakan tempat sampah dengan warna berbeda seperti diatas. Warna berbeda tersebut bukan hanya sekadar penghias badan tempat sampah. Melainkan sebagai pembeda dalam pengelompokan jenis sampah. Di dunia ini, ada dua jenis sampah yaitu sampah organik dan anorganik. sampah organik adalah sampah yang bisa terurai contoh dedaunan kering, sampah dapur dan segala hal yang bisa membusk dan terurai. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak bisa terurai dikarenakan komponen sampah yang tidak bisa ditembus oleh bakteri. 

 
         Pemisahan sampah ini menjadi awal yang baik bagi masyarakat dalam pengolahan sampah yang semakin maju. Seiring bertambahnya kesadaran manusia akan kepeduliannya terhadap penyelamatan bumi terutama dalam masalah sampah. Dibawah ini adalah beberapa manfaat pemisahan sampah organik dan anorganik:

1. Pendorong masyarakat untuk melakukan pendaur ulang-an sampah
     Masyarakat sekarang ini menjadi lebih kreatif dengan segala ide pendaur ulang-an sampah yang marak belakangan ini. Sebenarnya hal ini menjadi alasan yang paling kuat dalam pemisahan sampah. Dalam pendaur ulang-an sampah diperlukan bahan yang bagus dan utuh sehingga bisa di olah dengan baik.

 2.  Memudahkan pendaur ulang-an sampah   
     Seperti yang disebutkan diatas, sekarang ini sampah sudah banyak di daur ulang oleh masyarakat. Dengan adanya pemisahan sampah ini, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan bahan pendaur ulang-an sampah. Mereka tidak harus memilah-milah di tumpukan sampah yang bercampur jadi satu. Hal ini menjadi salah satu cara peng-efisiensian dalam pemilahan sampah.

3.  Pengurangan kuota sampah
     Seperti yang kita tahu, sampah-sampah banyak menumpuk di tempat pembuangan akhir. Sebenarnya kita masih bingung cara mengurangi tumpukan sampah tersebut sementara konsumsi masyarakat semakin meningkat. Dengan pemisahan ini secara tidak langsung dapat membantu masalah tersebut. Sampah-sampah organik akan lebih cepat membusuk jika dikelompokkan sesamanya. Kalau sampah-sampah anorganik, dengan pengelompokkan sampah yang demikian sampah menjadi lebih bersih dan mendorong masyarakat untuk lebih bersemangat memanfaaatkan sampah unutuk di daur ulang contohnya plastik. Dengan begitu karna pemanfaatan sampah yang semakin banyak dapat mengurangi penimbunan sampah di dunia.

4.  Menambah pengetahuan
      Dengan adanya pemisahan tersebut, secara tidak langsung itu merupakan suatu pembelajaran baru bagi masyarakat. Banyak masyarakat yang mungkin tidak tahu perbedaan sampah organik dan anorganik. Dengan cara seperti itu masyarakat bisa mengetahui perbedaan nya, alasan pemisahan sampah, dampak nya dan banyak hal lain yang mejadi pengetahuan baru bagi mereka.

     Hal-hal diatas adalah beberapa manfaat pemisahan sampah dari banyaknya manfaat pemisahan sampah lainnya. Walaupun mungkin masih banyak orang yang tidak merasakan manfaat tersebut. Itu sebenarnya bebalik pada masing-masing individu. Apakah sampah dianggap penting atau tidak. Kepedulian masyarakat menjadi kunci utama dalam penerapan hal ini. Hal sepele seperti ini mungkin hanya berdampak kecil dalam penyelamatan bumi dari masalah sampah dunia. Namun, hal kecil ini bisa berpengaruh besar jika semua masyarakat sadar dan menerapkannya dimanapun. Mulai dari diri sendiri, kalian para pembaca post ini untuk mulai menerapkan hal ini untuk penyalamatan bumi tercinta kita.
      
by Nurul Fitrianisa | Geofisika UI 2015

4 comments:

  1. kalau di sini udah ada tempat sampah seperti itu juga ga ngaruh kayanya... mesti dididik sejak dini.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak mbak, info yang sangat bermanfaat. Boleh saya minta tolong mbak? Mohon hubungi saya lewat email caesar@aeroengineering.co.id jika tidak keberatan. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. penting banget nih infonya , Masyarakat harus bisa membedakan fungsi masing masing tempat sampah agar tidak tertukar

    ReplyDelete