Saturday, September 12, 2015

MASUK PTN? BISA!

          Melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri merupakan impian semua siswa kelas 12 di Sekolah Menengah Atas. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) memang menjadi daya tarik utama para siswa untuk meneruskan studi nya di jenjang kuliah. Banyak faktor yang membuat siswa berkeinginan untuk berkuliah di PTN, selain biaya kuliah yang jauh lebih murah dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS), PTN juga dipandang lebih menjanjikan dalam hal mencari pekerjaan dan relasi dengan institusi lain di dalam negeri maupun luar negeri.


          Berkuliah di PTN yang diinginkan memang merupakan suatu yang sangat menggembirakan, namun untuk mewujudkannya kita harus memulai perjuangan kita dimulai dari kelas 10 di Sekolah Menengah Atas. Mengapa kita harus memulai perjuangan kita dari kelas 10? Karena dari kelas 10 lah kita mulai belajar dan mencari nilai untuk mengikuti salah satu cara masuk PTN yaitu SNMPTN atau sering disebut jalur undangan. Kebanyakan dari siswa ingin mendapatkan PTN melalui SNMPTN, namun sebagian besar dari mereka kurang menyadari dan lengah untuk menjaga nilai rapot mereka agar tetap baik. Untuk itu, kita harus belajar, bekerja keras, dan berdoa kepada Tuhan untuk melancarkan studi kita di SMA.

          Kita tidak perlu khawatir dan cemas apabila kita belum diterima di PTN yang ingin kita tuju, masih banyak cara untuk masuk PTN jika kita mau berusaha. Salah satu cara untuk masuk di PTN adalah mengikuti ujian tulis SBMPTN dan jalur mandiri PTN masing-masing.

Berikut daftar PTN yang mengadakan jalur mandiri :
1. Universitas Indonesia (SIMAK UI)
2. Universitas Diponegoro (UM UNDIP)
3. Universitas Gajah Mada (UM UGM/Utul UGM)
4. UMBPT (Gabungan dari beberapa PTN di Indonesia)
5. ITS (SMITS)
6. Universitas Airlangga (UM UNAIR)
*Untuk jadwal pendaftaran dapat dilihat di masing-masing website Universitas

          Untuk memuluskan jalan kita ke PTN kita tidak hanya memerlukan kepintaran dan nilai rapot, kita juga memerlukan strategi-strategi tertentu untuk mewujudkannya. Jika kita mengikuti jalur SNMPTN (undangan) kita perlu memilih prodi yang sesuai dengan kompetensi kita, baik kompetensi intelktual maupun kompetensi rapot, pilihlah prodi dari tingkat kesulitan masuk tertinggi sampai terendah. Bagi yang mengikuti jalur tulis (SBMPTN/Jalur Mandiri), kita juga harus memilih prodi dari tingkat kesulitan masuk tertinggi sampai terendah. Untuk mempersiapkan ujian tulis, kita bisa belajar melalui buku-buku SBMPTN/Jalur Mandiri yang dijual di berbagai toko buku. Selain belajar sendiri, siswa juga bisa mengikuti berbagai bimbingan belajar yang menyediakan program intensif untuk SBMPTN dan Jalur Mandiri.

Berikut referensi bimbingan belajar :





          
     

     SEMOGA BERMANFAAT DAN MASUK PTN YANG DIINGINKAN !!!



Ditulis Oleh : 
        Yosua Sigit Wicaksono, Geologi UI 2015

No comments:

Post a Comment