Sunday, September 13, 2015

Jawaban Atas Hilangnya Orang-orang di Pantai Selatan Jawa



Orang-orang, terutama masyarakat Indonesia itu banget-banget kalo udah bawa-bawa masalah mitos & takhayul , contohnya aja di areal pantai selatan jawa, Kanjeng Nyi Roro Kidul kena getahnya padahal ga salah apa-apa. Siapa disini yang pernah sosoan gak percaya takhayul make baju hijau ke tengah-tengah laut parangtritis? , kalau pernah, selamat, entah karena elo pencari hal ekstrim atau emang bener-bener putus asa mau bunuh diri, atau emang dasarnya bolot.

Percaya gak percaya takhayulnya, jangan jadi orang nekat juga kali , terlepas juga dari semua takhayul, baik dari pake baju ijo, gk pake baju ijo, atau ga pake bajupun semua ada resikonya, terutama karena laut selatan jawa terkenal dengan arus balik ombaknya...



Arus Balik, Apakah Itu? Rip Current?


Menurut Wikipedia :
"Arus air laut adalah pergerakan massa air secara vertikal dan horisontal sehingga menuju keseimbangannya, atau gerakan air yang sangat luas yang terjadi di seluruh lautan dunia. Arus juga merupakan gerakan mengalir suatu massa air yang dikarenakan tiupan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan gelombang panjang. Pergerakan arus dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain arah angin, perbedaan tekanan air, perbedaan densitas air, gaya Coriolis dan arus ekman, topografi dasar laut, arus permukaan, upwellng , downwelling."

Ini berarti arus balik tidak lain dan tidak bukan, adalah arus air laut yang membalik menuju ke arah lautan kembali (sebenernya gak perlu dijelasin udah pada tau lah )

Tapi, apa maksudnya Rip Current?

Arus laut itu banyak macemnya, ada Shorewave/Longshore current, Cross-Shore Flows, dan ada juga gelombang Rip Current. Tapi yang dibahas disini adalah si rip current ini.

Di areal laut jawa, dengan topografi daratan yang meliuk-liuk antara tanjung dan teluk itu menyebabkan pembelokan arah arus laut yang cukup sering dan membuat sebuah impact atau tubrukan antara masing-masing arus yang biasanya tubrukan yang saling berlawanan itu saling bertemu di areal teluk, sehingga menimbulkan arus balik yang sangat kebangetan dorongannya, dorongan balik yang sangat kencang inilah yang disebut gelombang Rip Current, lebih jelasnya liat gambar :



Nah, udah jelas toh, terlihat di gambar itu gelombang yang bertabrakan dengan masing-masing tanjung & teluk sehingga saling membelok, membawa air laut yang rapat densitas/massa jenisnya ke daerah teluk, terus tabrakan akhirnya menimbulkan gelombang arus balik yang kuat 

Lebih gampangnya gini, kalo ada 2 balon yang digencet kenceng2 satu sama lainnya, pasti bakalan pecah dong , nah, pecahnya itu sama dengan gelombang2 yang saling bertubrukan itu, dengan arah hembusan pecahan arusnya yang kembali ke arah laut. 


simulasi



sumber:


Firas Mujahidin
1506732854
Geofisika UI 2015

4 comments:

  1. Then, apa hubungannya sama nyi roro kidul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyi Roro Kidul tidak ada hubungannya dengan ini, rip current murni kejadian alam yang terjadi di pantai pada umumnya, tidak hanya di pantai selatan. Di pantai utara juga ada rip current lho, tapi gak sekuat di pantai selatan. Soal mitos Nyi Roro Kidul kembali ke kita masing-masing. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami dan memberikan pertanyaan yang membangun :))

      Delete
  2. Kalo boleh saran, lebih baik cari sumber selain wikipedia dan blog yaaa ;) g'luck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih masukannya yang membangun, akan kami perbaiki di post-post selanjutnya, stay tuned :))

      Delete