Saturday, September 26, 2015

5 Manfaat Setiap Hari (Make your quality time!)



Artikel ini saya buat bukan untuk sombong akan kebaikan yang saya lakukan 5 hari belakangan, tapi sebagai laporan untuk tugas PSAD (Ospek Jurusan) DAN untuk MENG
AJAK (read: menginspirasi) orang-orang untuk berbuat kebaikan setiap harinya, untuk menjadikan waktu yang diberikan kepada kita (manusia) berkualitas! Mungkin, kegiatan ini agak mirip dengan film Pay It Forward, tapi toh kegiatan ini memang bermanfaat, dan mungkin sang author dari film itu menginginkan ornag-orang membuat kegiatan seperti ini. Then I pay the movie forward by this program!
Senin, 21 September 2015
Manfaat pertama hari ini adalah berbagi anime ke temen saya! Yeay! Kenapa ini saya sebut sebagai  sebuah kebaikan? Coba kita bayangkan kalo semua orang yang suka anime mendownload file anime yang sama dengan quota internet mereka masing-masing, itu kan sangat boros bukan? Dengan begitu saya sudah menyelamatkan pemborosan uang untuk beli quota internet temen saya ini lho! Sekedar info, anime yang saya berikan ke temen saya juga bukan sekedar anime ecek-ecek, judulnya Shigatsu wa Kimi no Uso! Just check it out if you are interested!
Abis itu, saya nyemangatin temen-temen satu departemen saya sepanjang hari itu ketika saya ketemu mereka. Kenapa? Karena hari senin adalah hari yang cukup berat dengan mata kuliah yang cukup berat (pendapat umum sih, hehehe). So, karena kami mahasiswa baru, dan untuk mata kuliah ini kami banyak yang terpisah-pisah kelasnya, makanya gw nyemangatin mereka untuk berjuang melewati hari yang cukup berat ini. Hehehe…
Di kelas mata kuliah hari ini gw juga ngebantuin temen bikin tugas PPt presentasinya. Yah, mungkin dia nge-stuck buat ngisi apa di presentasinya, dan karena ada ide juga, makanya saya bantuin temen saya nambahin isi slide presentasinya.
Selain itu, pulang kuliah, saya naik commuter line, dan karena ada ibu-ibu, saya kasih tempat duduk ke ibu-ibu itu. Gapapa, kan saya masih muda, kuat buat berdiri melewati 9 stasiun.
Terus, nyampe rumah, ngebantuin orang tua buat beres-beres rumah karena orang tua gw juga lagi pergi.
Selasa, 22 September 2015
Manfaat hari ini kurang lebih sama seperti kemarin. Saya kasih tempat duduk buat mba-mba di commuter line, bantuin orang tua beres-beres piring dan isi air minum, ngasih pinjem pensil ke temen yang butuh, ngejelasin temen yang belum ngerti materi yang disampaikan dosen, dan bantuin temen ngejelasin gimana ngerjain laprak fisdas 1 (laporan praktikum fisika dasar 1) meskipun saya sendiri masih belajar gimana bikin laprak yang baik. Huhuhu T.T
Rabu, 23 September 2015
Hari ini saya ngebantuin temen ngerjain PR, bantuin temen yang belum nyelesein lapraknya, ngejelasin temen sekelompok tentang praktikum hari itu, saya juga beresin alat-alat praktikum (maklum, kelompok saya udah selesai duluan), dan saya juga bantuin nyokap ngeberesin rumah, soalnya besok lebaran idul adha!! Yeay! Meskipun hari ini banyak annoying things around me, kayak laprak, praktikumnya, kereta yang ngaret sampe pulang malem, badan pegel-pegel gegara pertama kali jogging setelah sekian lama,tapi gw ngejaga emosi biar kebaikan gw gak keapus. Ya mungkin itu jadi kebaikan tersendiri buat diri gw. Hihihi… :D
Kamis, 24 september 2015
Hari ini libur ngampus, soalnya lebaran idul adha. Yuhu….! Hari ini kebikannya adalah bantuin nyokap ngantri ambil daging kurban (sekalian ambilin punya tetangga juga sih, biar sekalian jalan), terus juga bantuin pak eRTe ngebagiin daging ke tetangga, ngeberesin rumah yang berantakan (soalnya nyokap sakit gegara ke-cape-an), terus juga ngebantuin ngebersihin dan masak daging kurban (suruh nyokap, padahal gabisa masak T.T , cuma bisa ngerebus tuh daging biar empuk), dan terakhir  ngebantuin abang nyate daging kurban. Hmm…
Jumat, 25 September 2015
Kebaikan hari ini itu ngasih uang ke pengamen di angkot, ngasih nasihat buat adek-adek kelas (hari ini saya ke SMA saya di Bogor buat ngambil SKHUN sekalian ada sedikit forum tanya jawab sama adek kelas yang bakal lanjut ngampus), terus juga traktir temen SMA, ngasih tempat duduk buat seorang perempuan di commuter line, dan bantuin orang tua beli obat (nyokap lagi sakit).
                Kegiatan ini seru, seperti yang saya bilang, ini mirip film Pay It Forward, banyak kebaikan-kebaikan kecil yang kalo saya pikir itu gak menyita waktu banyak dan itu membimbing kita untuk terbiasa berbuat manfaat-manfaat lain bagi orang di sekitar kita. Toh bagi saya gak rugi berbagi kebaikan-kebaikan ke orang lain. Saya jadi mengerti makna hadist yang artinya, “Kebaikan sekecil biji sawi-pun ada balasannya”, bukan berupa materi, tapi suatu kepuasan diri untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang Allah berikan buat kita, kebaikan-kebaikan itu memicu saya untuk berpikir “Oh, ternyata eksistensi gw di dunia ini ada manfaatnya ya buat orang, bahkan buat orang yang gak gw kenal.” Dan pikiran itu membuat kita untuk berbuat kebaikan yang lebih besar.
Salah satu kesan yang saya dapat dari program ini, adalah dengan kebikan kecil-kecil saja banyak orang yang mau tersenyum dan membuang wajah datar/wajah asamnya. Ketika kita memberi kursi untuk ibu-ibu, ibu itu memberi senyumnya. Saya percaya ini bermanfaat, bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk orang lain, dimana orang-orang akan percaya masih ada kebaikan di setiap diri manusia, dan kita perlu tersenyum untuk menghargai dan membuat kebaikan oang itu timbul.

Oleh : Novrizal (1506740830 / Geofisika)

No comments:

Post a Comment